Thursday 7 November 2013

Lampu Indikator Bahan Bakar Innova Diesel Menyala

Suatu kasus, Mobil Innova Diesel baru beli paling sekitar 6 bulan, mengalami mogok karena kehabisan solar, setelah solar diisi penuh mobil pun bisa hidup. Tetapi lampu indikator bahan bakar disamping control level bahan bakar terus menyala.


Kenapa hal itu bisa terjadi?? Jika anda pengguna mobil diesel, jangan sampai kasus diatas sampai terjadi berulang kali. Memang seperti hal kecil atau sepele, tapi itu sangat membahayakan untuk pompa bahan bakar solar (Bosh pump). Lampu indikator bahan bakar itu menyala dikarenakan terdeteksinya kandungan "Air" dalam aliran bahan bakar. Biasanya air tersaring oleh "Water Sedimenter", apa itu Water Sedimenter? Water Sedimenter berfungsi untuk memisahkan air dari bahan bakar dengan memanfaatkan perbedaan berat jenis. Bila tinggi air dan pelampung naik melebihi batas tertentu, maka magnet yang ada pada pelampung akan menutup reed switch dan menyalakan lampu indikator bahan bakar pada dashboard untuk memperingatkan pengemudi bahwa air telah terkumpul pada water sedimenter. Water Sedimenter mempunyai keran dibawahnya, air dapat dikeluarkan dengan membuka keran dan memompa priming pump
















Cara Menguras Water Sedimenter Innova Diesel dan mereset indikator bahan bakar (water)

1. Pastikan Kunci Kontak dalam posisi OFF
2. Buka Kap mesin dan cari komponen Water Sedimenter


3. Cari baut plastik pada water sedimenter dan kendurkan saja jangan dilepas



4. pompa priming pump, sampai air dalam water sedimenter habis
5. Jika air dalam water sedimenter habis tapi lampu indikator masih belum mati coba nyalakan mesin, kemudian lepas, pasang soket pada water sedimenter sekitar 5 - 10 kali. kemarin saya pakai cara itu lampu indikator bahan bakar bisa normal lagi. Semoga bermanfaat......

NB : atau kalo masih belom mati indikatornya, coba pakai cara ini

Pertama lepaskan socket lampu kontrol yang diatas filter, kemudian putar kunci kontak ke posisi ON, biarkan sesaat selama 5 detik, lalu pasang lagi socket yang tadi dilepas. Saran dari comentator (Bp Heru dan mas doni)

Salam Otomotif

Sumber gambar :http://www.team-bhp.com/

59 comments:

Catur JP said...

Artikel yang sangat bermanfaat, Saya sbg org awam bisa mengerti atas infonya. Terima kasih pak Agung atas info & tips nya, makin sukses & salam Super :D

ruko said...

Terima kasih luar biasa

Unknown said...

soket ny yg mana gan ?
yg atas apa yg bawa ?

Unknown said...

@ pak widiyo : yang bawah pak

said...

kalo di fortuner diesel sama nggak ? tks.

ROMANS BIKE said...

sudah saya coba lakukan sesuai langkah diatas ternyata lampu indicator masih menyala juga.... apa perlu dibawa kebengkel resmi????

Unknown said...

jika terjadi pd triton glx bagaimana yah cara matiinnya ? cara spt anjuran telah dilakukan tp tetap aj lampunya ga mw mati.

Unknown said...

Sudah dicoba pak..alhamdulillah berhasil..sangat bermanffat

Unknown said...

Gan kalau pada mobil rocky sama aja gk ??

Unknown said...

Gan kalau pada mobil rocky sama aja gk ??

johannes Kitono said...

Artikel yang sangat bermanfaat bagi orang awam, besok akan langsung dipraktekkan. Thx, jk

PROGRAM DANA GAIB said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Trim info...besok saya coba di inova d4d saya

Unknown said...

Trim info...besok saya coba di inova d4d saya

Unknown said...

Kok sy coba malah ga nyala mesin nya yah? Mohon pencerahan

doni said...

Untuk Reset lampu indikatornya, cukup dengan cara mudh. Pertama lepaskan soket lampu kontrolnya yg ada diatas filter, kemudian buka kunci kontak ke posisi ON, biar kan sesaat selama 5 detik, baru sambungkan kembali soketnya. pasti lampunya akan mati dan normal kembali.

Unknown said...

Membantu sekali, terima kasih..

Unknown said...

terima kasih . bermanfaat. kalau masih nyala liat cara Pak doni usmono. punya saya berhasil.
lihat juga ini
https://www.youtube.com/watch?v=SBEwYIms8gQ

Unknown said...

http://otomotifnet.com/Mobil/Tips/Gampang-Kok-Nyetelnya-Cuma-1-Menit

Unknown said...

Trimakasi infonya pak heru susanto bermanfaat sekali sekali coba langsung cespleng 👍🏻👍🏻👍🏻

Unknown said...

@ pak heru trimakasih cara-caranya, indahnya berbagi... salam otomotif

saya input ke blog solusi yg sampean sampaikan.

Unknown said...

Waktu dipumping yg keluar koq solar, bukan air? Jumlahnya banyak pula

Jack The Walyd said...

Mantab.. Mujaarab..

kang poer(crew mecanic) said...

siip om mkasih

Yaser Lamase said...

Keluar airnya tapi sisanya solar bang. Gimana tuh ? Mohon saran.

Yaser Lamase said...

Keluar airnya tapi sisanya solar bang. Gimana tuh ? Mohon saran.

Unknown said...

Terima kasih Om caranya berhasil tadinya mau putus asa tapi berhasil juga

putra sebatik said...

tingkiu tipnya gan berhasil

Mojo said...

Sdh sy cb smua tapi msh nyala yaa..???

husnunNiam Lamongan said...

BIRMINFIIT BINGIT
milik saya langsung mati indikatornya. namun untut reset lampu indikatornya saya memakai cara dari masukan pak doni usmono. trimakash banyak sangat bermanfaat. semoga Allah yg membalas. jazakumullah khoiron kathsiro

husnunNiam Lamongan said...

BIRMINFIIT BINGIT
milik saya langsung mati indikatornya. namun untut reset lampu indikatornya saya memakai cara dari masukan pak doni usmono. trimakash banyak sangat bermanfaat. semoga Allah yg membalas. jazakumullah khoiron kathsiro

Unknown said...

Trimah ksih...infox sngt mmbntu

Belajar Teknisi said...

saya punya kijang lsx tahun 2003, stater panjang tapi mesin menyala hanya sebentar dan mati lagi, ini solusinya gimana bro?

Rendy catur said...

Sdh sy kendurkan klep plastikx dn tdk sampai lepas tetapi kenapa sy pompa yg keluar malah solarnya pak.. trims

Hery Farelza said...

Artikel yg sangat membantu.
Saya berhasil, resetnya pake lepas soket atas.
Tetima Kasih

Unknown said...

Makasi om....mobilku yo ilang indikatore....

ka aji said...

makasih td tgl 8 april 2017 pukul 23.15 saya coba cabut idikator yg di atas filter saya kontak hidupkan mesin 5 detik saya pasang kembali indikatornya lampunya saya lihat lampu di sepido meter kembali normal trimakasi sahabat inova

Unknown said...

terima kasih banyak...menyelesaikan masalah saya

said...

Pompa sampe habis ya ? Ini sdh sy pompa 5mnt-an tp kok msh bny yg keluar. Bau bhn bakar. Mmg penampungan airnya bby ya?

said...

Taunya gmn kl air nya sdh hbs?

Unknown said...

Istimewaaaaaa....

Unknown said...

Berhasil.. tapi apakah Aman ?. APA tidak perlu penanganan lainnya.

Unknown said...

Saya ada problem,ni....yg nyala lampu minyak yg ditangki, terkadang naik sendiri, dan turun sendiri,bahkan sampai lampu minyak hidup, padahal bbm full.....?

Kira 2 masalahnya apa tuh.....
Mobil innova solar 2012

Ada yg bilang,pelampungnya.....

Terima kasih,jika bisa berbagi.....

Unknown said...

Terimakasih banyak info bermanfaatnya.. setelah dicoba langsung berhasil.. semoga sukses selalu...

Kangen Indonesia said...

saya coba praketikin yg kluar banyak tp kok bahan bakarnya yah... blm berhasil cb lepas soket mobil malag ga bs nyala..

sahala said...

Terima kasih. Akhirnya sukses juga saya terapkan pada mobil saya.

Unknown said...

Saya coba saran bapak langsung bisa mati tp selang beberapa hari lampunya nyala lagi ... mohon saranya

Unknown said...

Saya coba saran bapak langsung bisa mati tp selang beberapa hari lampunya nyala lagi ... mohon saranya

said...

Terima kasih banyak.
Sangat membantu. Barusan aja saya alami. Setelah dipompa lampu masih menyala.

Yang saya lakukan sesuai saran:
1. Matikan kontak di posisi off.
2. Cabut soket kabel sensor di atas pompa.
3. Hidupkan kontak.
4. Diamkan 1 menit.
5. Pasang something sensor sewaktu posisi kontak on.

Alhamdulillah lampu indicator mati.

said...

Terima kasih banyak.
Sangat membantu. Barusan aja saya alami. Setelah dipompa lampu masih menyala.

Yang saya lakukan sesuai saran:
1. Matikan kontak di posisi off.
2. Cabut soket kabel sensor di atas pompa.
3. Hidupkan kontak.
4. Diamkan 1 menit.
5. Pasang soket sensor sewaktu posisi kontak on.

Alhamdulillah lampu indicator mati.

Unknown said...

terima kasih banyak....sangat2 membantu

Unknown said...

Lgs sy cb on she spot d sragen.. .berhasil... Tx u

Unknown said...

Mksih gan,.aku baru aja mengalami hal itu lngsung aku praktrkin hasilnya tokcer.

Unknown said...

terimakasih pencerahanya

Unknown said...

Kok punya saya gak matiiii!!!

Unknown said...

Terimakasih .sangat berguna.

Unknown said...

Mantapp banget infonya

Unknown said...

Boss sudah mati lampu nya tetapi setelah buat jalan lumayan jauh itu indikator nyala lagi

Unknown said...

Terima kasih pak doni sudah berbagi ilmu dan pengalaman,,sangat membantu

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi