Wednesday 9 July 2014

SUZUKI Karimun Estillo Habis Ganti Kampas Kopling, Mesin Malah Mogok

Suatu kasus, saya pernah menservice mengganti kampas kopling mobil karimun estillo, kondisi mesin waktu masuk bengkel hidup normal. Tapi setelah kampas kopling saya ganti dan transmisi saya pasang dengan rapi, dan saat akan test drive mesin tidak bisa hidup, distart berulang kali mesin tidak mau hidup. Saya pikir ada kunci rahasia atau sistem alarm trouble, ketika saya check sistem alarm tidak ada masalah, dan saya bertanya kepada pemilik mobil tidak ada kunci rahasia (security sistem) dimobil. Saya coba menscan mobil dengan alat scan, dan ternyata ada DTC yang terdeteksi yaitu : " CMP sircuit malfunction", dan itu berarti ada kabel yang putus didaerah sensor CMP, kabel sensor terjepit diantara mesin dan transmisi karena letak kabel sensor pas diatas transmisi mobil, solusinya menurunkan lagi transmisi mobil dan melepaskan kabel sensor yang terjepit, lalu meyambung kabel yang menuju sensor yang putus. Setelah diperbaiki mobil hidup dengan normal kembali.

Dari kasus diatas, peran alat bantu scanner sangat penting untuk melanacrkan pekerjaan kita. Karena semua sistem dimobil dimodulisasi oleh komputer, jadi jika ada salah satu komponen yang trouble pasti akan berefek dimesin. Alat scan juga akan membantu kita mengoreksi pekerjaan kita waktu menservis mobil, sebagai contoh kasus diatas.




Sampel scanner (code reader) murah, cuma 1,100,000. Jika anda minat dapat menghubungi
SMS : 0857-2881-8122/0823-2629-4855
BBM : 5FC72426

Semoga bermanfaat. Salam otomotif

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Pesan

 
Design by http://4-jie.blogspot.com/ | Bloggerized by Fajri Alhadi